DETAIL DOCUMENT
Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMPK Diakui St. Yosef Weluli Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
MORUK, Maria Waty
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-10-21 01:51:46 
Abstract :
Pendidikan adalah upaya pengembangan potensi peserta didik. Maka peserta didik harus dipandang sebagai organisme yang terus berkembang serta memiliki potensi. Tujuan dari pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik, Salah satu model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini dalam kegiatan pembelajaran melibatkan kelompok kecil yang dibentuk secara heterogen baik dari aspek intelektual, ras, suku, budaya dan jenis kelamin untuk bekerjasama dalam belajar, dimana sebagai suatu tim/kelompok untuk menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan bersama. Model pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam penelitian adalah melalui pendekatan Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK Diakui St. Yosef Weluli Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2014/2015 . Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIIIB , dan jenis Penelitian yang digunakan adalah Pra Eksperimen dengan Desain penelitianya One Group Pretest-Postest Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 92,14 (tuntas) dan secara klasikal 100% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,96 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,75 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 92,69 (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,78 (baik), dan reliabilitas instrumennya 98 (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK Diakui St. Yosef Weluli Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2014/2015 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang