DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMP Negeri 1 Atadei Kabupaten Lembata Tahun Ajaran 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
YOSEP, Matias Dua Kalu
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-21 05:35:00 
Abstract :
Permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah masih rendahnya mutu pendidikan di setiap jenjang dan satuan pendidikan. Ini dibuktikan dengan adanya laporan dari UNESCO tahun 2000 tentang Human Development Index (HDI) dan laporan dari The World Ekonomic Forum tahun 2000 yang mengatakan bahwa Indonesia memiliki daya saing yang rendah. sehubungan dengan itu, mutu pendidikan di Negara kita harus dikaji dan jika perlu diubah dimulai dari kegiatan belajar mengajar di jenjang pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Untuk itu, proses belajar mengajar tampaknya menghendaki pergeseran peran guru sebagai fasilitator atau mediator yang kreatif dalam proses pengajaran. Model-model pembelajaran tentunya perlu dikembangkan sehingga dapat digunakan untuk membantu meningkatkan taraf belajar siswa. Salah satu model pembelajarannya adalah model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Think-Pair-Share. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif TPS di SMP Negeri 1 Atadei Kab. Lembata Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA. Berdasarkan analisis hasil belajar, dapat diketahui bahwa; Rata-rata hasil belajar siswa pada Pretest dan Posttest masing-masing 32.92% dan 81.25% yang mana sesuai dengan acuan Depdiknas dan SKM SMP Negeri 1 Atadei Kabupaten Lembata, semua siswa berhasil tuntas; rata-rata peningkatannya 48.33; Ketuntasan klasikal 100%; serta ketuntasan Indikator dan sensitivitas butir soalnya masing-masing 0.87 dan 0.48; Ratarata penilaian kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran pendekatan TPS adalah sangat baik yaitu 3.63 serta reliabilitas rata-ratanya adalah 98%; Reliabilitas rata-rata instrumen aktivitas siswa 95.91%; Sementara itu, respon siswa terhadap model pembelajaran pendekatan TPS, hanya 4 siswa yang mengatakan tidak senang. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMP Negeri 1 Atadei Kabupaten Lembata Tahun Ajaran 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang