DETAIL DOCUMENT
Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
SANG, Norlin Boling
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-21 05:40:26 
Abstract :
Masalah pokok pada penelitian ini adalah rerata nilai hasil belajar siswa di SMP Adhyaksa 2 Kupang selama ini masih rendah dan belum sepenuhnya memperlihatkan hasil belajar sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu dari pemberian Tes Hasil Belajar mencapai 86,25 (tuntas) dan Ketuntasan secara klasikal 92,86% (tuntas) Rerata proporsi indikator 0,85 (tuntas,) Sensitivitas butir soal 0,52 (sensitif). Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015 . 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang