DETAIL DOCUMENT
Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis di SMP Angkasa Penfui-Kupang Tahun Ajaran 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
TEFA, Novrida
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-21 05:43:50 
Abstract :
Dewasa ini gugatan terhadap dunia pendidikan terus bergema di tengah kemajuan zaman yang terus berubah menuntut dunia pendidikan kita untuk melahirkan generasi yang cerdas dan sampu mengaplikasikan pengetahuannya dalam dunia riil yang dihadapinya. Karena itu sudah seharusnya paradigma pendidikan kita mulai bergeser dari teacher centered ke student centered. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat menjawab persoalan ini adalah strategi pembelajaran Inkuiri (SPI). Strategi ini diyakini dapat membelajarkan siswa untuk terlibat aktif dalam memecahkan masalah-masalah dan bisa mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Masalah pokok pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok fotosintesis di SMP Angkasa PenfuiKupang Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Angkasa Penfui-Kupang melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) pada materi pokok fotosintesis tahun ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIII B dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design Dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata uji awal (UI) 23,4 mengalami peningkatan pada uji akhir (U2) 80,4 % (tuntas) dan secara klasikal, 88% (tuntas). Rerata indikator 0,85 (tuntas), dan 0,36 (sensitif) ? 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 96,94% (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,59 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99,54% (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok fotosintesis di SMP Angkasa Penfui-Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang