DETAIL DOCUMENT
Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assited Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Pokok Ekosistem di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
MAN, Yoan Yovita
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-10-21 06:05:10 
Abstract :
Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok Ekosistem. Masalah pokok pada penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assited Individualization efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIIB materi pokok ekosistem di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assited Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas VIIB materi pokok ekosistem di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Angkasa Penfui Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIIB. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor kemampuan guru 3,73 (baik), (2) persentase aktivitas siswa dengan aktivitas yang paling menonjol adalah berdiskusi dan mengerjakan LKS (29,07%), (3) Proporsi indikator rata-rata 0,91 dan Sensitivitas butir soal 0,62 (sensitif), (4) Reliabilitas instrument pengelolaan pembelajaran 98,08, (5) Hasil belajar siswa saat pemberian pre-test 25,71% setelah diberi post-test hasilnya meningkat menjadi 87,86% dan rata-rata peningkatan sebesar 62,14% (tuntas) dengan ketuntasan klasikalnya 100%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assited Individualization efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIIB materi pokok Ekosistem di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun ajaran 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang