DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Meniru Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Gitar Dasar Dengan Teknik Petikan Tirando/Freestroke Pada Siswa Kelompok Gitar Minat Dan Bakat di SMPK Sta. Theresia Kupang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
DAVID, Antonius Atakabelen
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-10-21 06:15:31 
Abstract :
Pengembangan Minat dan bakat dalam bermain gitar merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diterapkan di SMPK Sta. Theresia Kupang. Di sana siswa ditempah kemampuan dan bakat seni yang dimilikinya. Selain meningkatkan kemampuan seni, anak juga dapat mengembangkan kemampuan sosialnya terkait dengan nilai-nilai hidup sehingga kelak dapat bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Masalah yang diangkat dalam penelitiaan ini adalah : Bagaimana proses penerapan model pembelajaran meniru untuk meningkatkan kemampuan bermain gitar dasar dengan teknik petikan tirando/freestroke pada siswa kelompok gitar minat dan bakat di SMPK Sta. Theresia Kupang?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran meniru untuk meningkatkan kemampuan siswa bermain gitar dasar dengan teknik petikan tirando/freestroke pada siswa kelompok gitar minat dan bakat di SMPK Sta. Theresia Kupang serta kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam praktik gitar dasar dan juga Metode yang digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode penelitian tindakan lapangan. Data diperoleh melalui observasi (pemebelajaran gitar dasar) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan model pembelajaran meniru untuk meningkatkan kemampuan bermain gitar dasar dengan teknik petikan tirando/freestroke pada siswa kelompok gitar minat dan bakat di SMPK Sta. Theresia Kupang meliputi: (1) Pada tahap awal proses pengenalan gitar dasar dari keempat siswa, ada dua siswa yang mengalami kesulitan cara stemming gitar, cara menekan akord, menekan nada per nada dan cara petikan tirando/frestrooke. Hal tersebut disebabkan kerena siwa, kurangnya motivasi belajar dan juga daya tangkap siswa berbeda-beda. Kendala tersebut membuat proses pembelajaran berjalan tidak maksimal dan hasil yang diperoleh juga tidak maksimal.(2) Tahap Kedua Proses pengenalan lagu model/interprestasi lagu:proses peraktek mengiringi lagu model dari keempat siswa hanya satu siswa mengalami kesulitan peraktek memainkan lagu dengan petikan tirando yakni kesulitan dalam ketepatan perpindahan akord, daya tangkap siswa kurang begitu kuat dan kurangnya motivasi belajar mandiri.(3) Tahap Ketiga Pementasan. Peningkatan yang diperoleh siswa kelompok gitar minat dan bakat yakni: Siswa memainkan teknik petikan gitar menjadi lebih baik dari sebelumnya dan Siswa semakin bisa memainkan lagu model. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang