DETAIL DOCUMENT
Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Dan Model Pembelajaran Index Card Match Pada Sub Pokok Bahasan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
NDAOMANU, Elvis Yeftan
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-25 05:54:56 
Abstract :
Model giving question and getting answer merupakan salah satu model pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk mengulang materi yang telah dipelajari dengan memberikan siswa kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran giving question and getting answer dan model index card match pada sub pokok bahasan bilangan bulat siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 20 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015? Untuk menjawab permasalahan ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran giving question and getting answer dan model index card match pada sub pokok bahasan bilangan bulat siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 20 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Kota Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara acak ,yaitu peneliti mengambil dua kelas dari populasi yang ada untuk dijadian sampel, sehingga diambil kelas VIIa dan VIIc yang masing-masing sampel terdiri dari 29 siswa. Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji homogenitas yang menggunakan uji One-Way Anova, uji normalitas yang menggunakan uji KolmogrovSmirnov dan uji hipotesisnya menngunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung pada tabel Independent Sampel Test menunjukan sig.(2-tailed) = 0,044 sebesar 5,655 dan ttabel = 2,001717 dengan taraf signifikan 5% dengan dk=58. Dari hasil hitungan manual thitung = 2,06 > t tabel = 2,01 jadi hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestai belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran giving question and getting answer dan model index card match pada sub pokok bahasan bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 20 Kota Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti menyarankan agar guru bidang studi matematika dapat menerapkan model pembelajaran giving question and getting answer khususnya pada sub pokok bahasan bilangan bulat 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang