DETAIL DOCUMENT
Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Siswa. (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VII B SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014).
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
AMPUR, Sebastianus Doni
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2022-10-26 07:13:06 
Abstract :
Judul skripsi: Hubungan Antara Konsep Diri dengan motivasi Berprestasi Siswa (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas VII b SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014). Masalah penelitian: apakah ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi siswa SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang?. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi siswa kelas VII b SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpul data adalah wawancara tertulis, instrumen penelitian adalah angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson. Variabel dalam penelitian ini adalah: variabel bebas (X) konsep diri dan variabel terikat (Y) motivasi berprestasi. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII b SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 22 orang. Sampel uji coba instrumen adalah siswa kelas VIIc SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi siswa kelas VII b SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang. Hal ini dibuktikan dengan r hitung: 0.993 lebih besar dari r tabel:0.537, pada tingkat kepercayaan 99%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti memberikan saran kepada: a) Bagi Kepala Sekolah, Sebagai motivator, kepala sekolah mendorong kerja sama semua pihak baik guru, konselor sekolah dan orang tua siswa untuk selalu berupaya memupuk motivasi berprestasi siswanya agar semakin meningkat. b) Bagi konselor sekolah, agar lebih menciptakan kondisi yang kondusif bersama personil sekolah lain dalam membentuk konsep diri yang positif pada diri siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestasinya. c) Bagi guru mata pelajaran, Konsep diri memegang peranan penting dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa meskipun banyak faktor lain juga berpengaruh, oleh karena itu guru mata pelajaran selalu berupaya membangun konsep diri yang positif pada diri siswa yang berdampak pada timbulnya motivasi berprestasi siswa. d) Bagi orang tua /wali, Agar selalu berupaya membangun dan memupuk konsep diri yang positif pada diri anaknya 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang