DETAIL DOCUMENT
Studi Tentang Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kupang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
MARKUS, Asri Ariyanti
Subject
JQ Political institutions Asia 
Datestamp
2019-12-11 05:17:16 
Abstract :
Dengan demikian Tujuannya adalah menggambarkan Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan PencatatanSipilKotaKupang. Kerangkateori yang digunakandalam skripsiini adalah Undang-Undang No.25Tahun 2009 tentang pelayanan publik dan KEPMENPAN No.63 tahun 2003,dan keputusan Menteri. Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/26/M.PAN/2/2004 Tanggal 24 Februari 2004 tentang Teknik Transparansi dan Akuntabilitas Penyelenggaraan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode campuran atau kombinasi (mix methods) yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan dikombinasikan dengan kuantitatif sederhana yang bertujuan untuk mengidentifikasikan komponen konsep (subkonsep) agar memperoleh analisis yang lebih lengkap. Sumber data primer adalah para informan sedangkan data sekunder adalah dokumen – dokumen yang berkaitan dengan variabel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan : wawancara, kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Tahap analisa data dilakukan dengan pengumpulan data kemudian dianalisis secara mendalam untuk memecahkan masalah yangditeliti. Hasil penelitian menunjukanbahwa pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang berjalan baik dan maksimal.Hal ini ditandai dari aspek (1). Tingkat ketelitian atau akurasi, sejauh ini belum ada pegawai yang melakukan kesalahan. (2). Tingkat profesionalitas petugas, pegawai dapat melakukan pekerjaannya dengan baik menggunakan fasilitas yang disediakan. (3). Kelengkapan sarana dan prasarana, sebagai penunjang dalam proses pelayanan, sarana dan prasarana yang terdapat pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang belum cukup memadai. (4). Tingkat kejelasan aturan, adanya aturan yang mengatur setiap jenis pelayanan. (5). Tingkat kedisiplinan pegawai, adanya aturan yang mengatur jam masuk serta jam keluar pegawai dan seluruh pegawai taat terhadap aturan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang cukup baik namun terdapat hal yang perlu diperhatikan yaitu menyangkut kelengkapan sarana dan prasarana yang belum memadai sehingga pelayanan yang diberikan belum maksimal. Berdasarkan kesimpulan maka disarankan agar perlu adanya peningkatan fasilitas kerja yang dibutuhkan sebagai penunjang dalam proses pelayanan agar pelayanan yang diberikan dapatmaksimal. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang