DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIB SMPK St. Familia Sikumana Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
Sere, Modesta Inviolata
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2019-12-11 05:25:46 
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMPK St. Familia Sikumana Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar sebagai variabel bebas (X) dan prestasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIB SMPK St. Familia Sikumana Kupang tahun pelajaran 2016/2017, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIB SMPK St. Familia Sikumana Kupang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan wawancara tertulis sedangkan alat pengumpul data yang digunakan yaitu angket dan lembar studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persamaan regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMPK St. Familia Sikumana Kupang tahun pelajaran 2016/2017, dengan Fhitung: 8,344 lebih besar dari Ftabel: 3,34. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) yang berbunyi tidak ada pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yakni ada pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, artinya aktivitas belajar sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMPK St. Familia Sikumana Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala Sekolah selaku pemimpin dan penanggung jawab sekolah hendaknya dapat meningkatkan kerjasama dengan guru BK serta guru mata pelajaran agar terus melakukan kegiatan evaluasi pada setiap jam-jam terakhir sebelum pulang sekolah, dan pada kegiatan itu kepala sekolah bisa memberikan masukan yang berkaitan dengan aktivitas belajar siswa yang belum maksimal, sehingga guru BK dan guru mata pelajaran dapat mengikuti saran dari kepala sekolah demi memaksimalkan kembali aktivitas belajar siswa. b) Guru Mata Pelajaran agar terus memperhatikan aktivitas belajar siswa pada proses belajar mengajar berlangsung, dan memberikan masukan bagi siswa-siswi yang belum giat dalam melakukan aktivitas belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar yang memuaskan. c) Wali Kelas diharapkan selalu kerjasama dengan guru mata pelajaran serta guru BK agar terus memperhatikan siswa yang kurang giat dalam melakukan aktivitas belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang baik. d) Guru BK diharapkan pada setiap kali jam bimbingan agar terus memberikan arahan, motivasi serta mengadakan kegiatan- kegiatan penunjang yang berkaitan dengan aktivitas belajar siswa yang belum maksimal, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar yang memuaskan. e) Siswa diharapkan dapat memanfaatkan layanan BK di sekolah sebagai sarana bantuan untuk mengkonsultasikan masalah yang dihadapinya baik masalah umum maupun masalah khusus yang berkaitan dengan aktivitas belajar. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang