DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Gaya Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMPK Santa Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
KUBIK, Petrus Kanisius Ardy
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-08 00:20:16 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya belajar dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang yang terdiri dari 4 kelas dan sampel penelitiannya yaitu satu kelas dengan menggunakan teknik random sampling yang diambil secara acak untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes prestasi belajar matematika. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 22.0 for windows. Dari hasil output SPSS 22 for windows, berdasarkan uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas, gaya belajar dan aktivitas belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Pada analisis regresi berganda gaya belajar dan aktivitas belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika, dan diperoleh persamaan-persamaan regresi Y = 46,766 + 0,527 X1 + 0,040 X2 dan nilai Fhitung = 3,747 3,43 = Ftabel, maka H0 diterima, artinya ada pengaruh gaya belajar dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang. Berdasarkan hasil output SPSS 22 for windows, uji F gaya belajar dan aktivitas belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika dan secara uji t, gaya belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika sedangkan aktivitas belajar tidak mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial dari gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2017/2018, tidak ada pengaruh yang signifikan secara parsial dari aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2017/2018, ada pengaruh yang signifikan secara simultan dari gaya belajar dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang