DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada KFC Ramayana Mall Di Kota Kupang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
JEMALI, Maktildis A. S.
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-11-08 02:30:52 
Abstract :
Semakin banyaknya restoran cepat saji saat ini yang berada di Indonesia, menyebabkan semakin meningkatkan pula persaingan antar restoran cepat saji yang berlomba untuk menawarkan berbagai macam menu baru, salah satunya adalah KFC Kupang. Banyak kalangan anak?anak mudah saat ini lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji yang saat ini sudah banyak beredar di berbagai restoran cepat saji yang ada di Indonesia, bahkan KFC menerima penghargaan the best fast food dan penghargaan halal award tahun 2016, tetapi tingkat penjualan KFC di Kota Kupang cenderung menurun. Semakin banyaknya restoran cepat saji yang beredar dengan harga dan varian menu yang berbeda-beda membuat konsumen menjadi lebih selektif dalam membeli makanan cepat saji . Hal ini yang diduga menyebabkan penjualan KFC di Kota Kupang cenderung menurun. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran tentang Inovasi Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Keunggulan Bersaing Pada KFC Kupang KFC? 2) Apakah Inovasi Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadapKeunggulan Bersaing Pada KFC Kupang? 3) Apakah Inovasi Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing Pada KFC Kupang? Penelitian dilakukan di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 114 responden, dengan menggunakan teknik aksidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS statistic version 16. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel inovasi produk 89,95%, variabel harga 87,00%, variabel kualitas pelayanan 86,25%, dan variabel keunggulan bersaing 82,56% dikategori tinggi. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,439X1 + - 0, 189X2 + 0,239X3. Hasil uji t menunjukkan variabel inovasi produk, harga dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada KFC Kupang. Hasil uji F menunjukkan variabel inovasi produk, harga dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada KFC Kupang. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Perusahaan KFC, agar memperhatikan lagi strategi pemasaran yang di pilih sehingga bisa menguntungkan baik dari Inovasi produk, harga dan kualitas pelayanan agar perusahaan mampu meningkatkan penjualannya dan bersaing dengan restoran cepat saji lainnya. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang