DETAIL DOCUMENT
Kualitas Pelayanan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Sari, Novita
Subject
363.37 Petugas Pemadam Kebakaran 
Datestamp
2021-09-04 06:14:01 
Abstract :
Setiap masyarakat ingin mendapatkan pelayanan yang baik terutama dalam perlindungan bencana, terutama untuk bencana kebakaran. Mewajibkan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemadam Kebakaran menunjukkan keunggulannya dalam melayani kebutuhan masyarakat. Penelitian ini untuk mendeakripsikan dan menganalisis Kualitas Pelayanan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam yang berdasarkan peraturan Peraturan Walikota Batam No.44 Tahun 2016 Tentang Tugas Pokok, Fungsi Dan Uraian Tugas Dina Pemadam Kebakaran sudah dijelasakan mengenai tanggung jawab dinas pemadam kebakaran. Penelitian ini menggunakan indikator pebdekatan William N Dunn yaitu tangible, reliability, responsiviness, assurance dan emphaty. Metode yang digunakan dari penelitian ini yaitu kualitatif dengan tujuan untuk mengambarkan apa yang sedang terjadi saat ini untuk memperoleh informasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan hasil penelitian bahwa pelayanan yang diberikan oleh dinas pemadam kebakaran kota Batam dapat dikatakan cukup baik, namun masih ada kendala yang menghambat pelayanan. Salah satu yang menjadi penghambat pelayanan adalah kurangnya armada dan pos pemadam kebakaran. Batam hanya memiliki 55 titik dinas pemadam kebakaran. Sedikitnya armad pemadam kebakaran akan akan menimbulkan ketidak efesien dan efektifnya sebuah pelayanan. Letak pos pemadam kebakaran yang sulit dijangkau juga akan mempengaruhi kualitas pelayanan. 
Institution Info

Universitas Putera Batam