Abstract :
Inovasi merupakan upaya dalam pengembangan organisasi. Dalam pelaksanaanya
masih sering ditemukan ketidaksesuaian mengakibatkan kegagalan inovasi.
Inovasi dapat diterapkan apabila telah terbukti mampu memberikan keuntungan
bagi organisasi dan penggunanya. Sesuai visi Dinas Penanaman modal kota
Batam mewujudkan Batam sebagai bandar dunia madani yang maju, berdaya
saing, bermartabat, dan sejahtera maka diterapkan sebuah inovasi berbasis online
yaitu SIMREK (sistem informasi manajemen reklame). Penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif analisis deskriptif. Lima atribut inovasi dijadikan peneliti
sebagai indikator yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan
dicoba, kemudahan diamati. Pelaksanaan perizinan reklame kota Batam
berdasarkan standar inovasi pelayanan publik. Namun dalam pelaksanaannya
masih perlu penyesuaian serta adaptasi, memberi kemudahan bagi pelaksana
mengamati dan meminimalisir terjadinya penyalahgunaan serta tidak sesuai
dengan prosedur dan masterplan pemasangan reklame seperti kasus yang telah
ditemui sebelum inovasi ini diterapkan. Faktor yang cenderung menjadi
penghambat dalam pelaksanaan inovasi layanan peizinan reklame kota Batam
berbasis online ini yaitu budaya organisasi yang masih kurang pro-inovasi serta
tekanan dan hambatan administratif melalui prosedur yang panjang dan respon
yang kurang efektif.