Abstract :
Pertumbuhan teknologi yang berlangsung dengan cepat sangat mempengaruhi
kehidupan manusia, salah satunya bidang usaha. Teknologi mengakibatkan
persaingan di dunia usaha semakin terasa. Persaingan di dunia usaha juga
dirasakan oleh PT Dwi Mitra Syenrgy selaku objek penelitian. Perlu dilakukan
sesuatu untuk tetap menjaga pelanggan yang telah dimiliki agar tidak pindah ke
lain hati yang salah satunya adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Terdapat
beberapa variabel yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, namun pada
penelitian ini difokuskan ke variabel kualitas produk dan kualitas penelitian.
Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisoner kepada pelanggan yang telah
melakukan pembelian dengan PT Dwi Mitra Synergy. Kuisoner yang
dikembalikan berjumlah 114 buah yang langsung dijadikan sebagai sampel
penelitian. Penelitian meliputi uji validitas dan uji reliabilitas untuk data yang
digunakan menjadi sampel, analisa deskriptif terhadap masing-masing variabel,
uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolineritas dan uji
heteroskedastistasis. Setelah data dilakukan uji normalitas, data kemudian
dilanjutkan dengan uji pengaruh seperti analisa regresi linear berganda dan analisa
uji koefisien determinasi yang lalu diakhiri dengan uji hipotesis yang meliputi uji
T dan uji F yang menghasilkan dimana ketiga hipotesis yang dinyatakan oleh
penulis diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT
Dwi Mitra Synergy.