DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak KPP Pratama Batam Selatan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Simanjuntak, Bungauli
Subject
336.2 Pajak dan Perpajakan 
Datestamp
2021-09-07 03:10:21 
Abstract :
Menurut UU Nomor 16 Tahun 2009 menyebutkan Pajak ialah partisipasi wajib pada negara terutang dari perorangan maupun entitas, bersifat memaksa menurut UU, tak memperoleh keuntungan langsung serta dimanfaatkan bagi keperluan negara guna kemaslahatan rakyat. Penelitian ini berguna agar mengetahui pengaruh kesadaran WP dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan WP di KPP Pratama Batam Selatan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara penyebaran kuesioner diukur menggunakan skala likert. Populasi pada penelitian ini sejumlah 346.894 WPOP yang tercatat di KPP Pratama Batam Selatan serta pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus slovin, hingga dapat diperoleh sampel sejumlah 100 responden. Metode analisis data digunakan ialah data kuantitatif serta sumber data dipakai ialah data primer berasal dari tanggapan responden dengan dilaksanakan penyebaran kuesioner via google form. Teknik analisis data yang dipakai yakni uji instrument (yang termaksud dalam uji instrument ialah validitas serta reliabilitas), analisis deskriptif, uji asumsi klasik (yang termaksud ialah normalitas, multikolinearitas serta heterokedastisitas), analisis linier berganda dan uji hipotesis (yang termaksud ialah uji t, uji f, serta uji r). Hasil uji t kesadaran WP dan kualitas pelayanan berdampak signifikan pada kepatuhan WP. Hasil uji t kesadaran WP dan kualitas pelayanan berdampak signifikan pada kepatuhan WP. Hasil uji r diperoleh angka sejumlah 0,532 yang berarti kesadaran WP serta kualitas pelayanan memberikan pengaruh sejumlah 53,2% pada kepatuhan WP dan sisanya sejumlah 46,8% dipengaruhi variabel lain. 
Institution Info

Universitas Putera Batam