Abstract :
Perkembangan zaman yang semakin modern memberikan dampak terhadap
perilaku keuangan masyarakat termasuk juga mahasiwa dalam memenuhi
kebutuhan hidup. Literasi keuangan sangat dibutuhkan oleh individu untuk
membuat keputusan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saat ini,
internet dan media sosial menjadi salah satu sumber dalam mendapatkan informasi
terkait keuangan. Tujuan dilakukan studi ini adalah untuk menguji pengaruh literasi
keuangan terhadap perilaku keuangan serta menguji peranan media sosial dalam
memengaruhi hubungan antara literasi keuangan dengan perilaku keuangan
mahasiswa di Kota Batam. Mahasiswa yang dijadikan sebagai populasi ini yakni
mahasiswa untuk tahun pembelajaran periode genap 2020 dengan jumlah 20.093
mahasiswa. Riset ini menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana
dengan rumus sampel Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden.
Pengumpulan data dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner secara daring.
Pertanyaan kuisioner diukur menggunakan skala Likert, dan data diolah dengan
bantuan program statistik berupa IBM SPSS versi 25. Teknik analisis yang
digunakan dalam riset ini yakni Analisis Regresi Pemoderasi. Setiap variabel dalam
riset ini sudah memenuhi kriteria pengujian kualitas data, serta pengujian asumsi
klasik. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa literasi keuangan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan. Hasil lain yang diperoleh yaitu
media sosial tidak memoderasi hubungan literasi keuangan terhadap perilaku
keuangan, serta media sosial bukan merupakan variabel moderator.