Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Angraini, Ade Natasha Putri
Subject
658.81 Manajemen Pemasaran
Datestamp
2021-09-09 03:18:54
Abstract :
Era globalisasi yang kini semakin pesat telah merubah kehidupan dalam berbagai
aspek, seperti transportasi, perdagangan, komunikasi elektronik dan lainnya.
Dengan adanya marketplace, konsumen merasa dimudahkan dan diuntungkan
karena dengan adanya hal ini konsumen dapat memenuhi kebutuhan hidup tanpa
harus mendatangi atau mengunjungi toko yang menyediakan barang tersebut.
Shopee berhasil menjadi marketplace terpopuler di Indonesia di Juni 2020.
Marketplace asal Singapura itu mengalahkan para pesaingnya dalam segi jumlah
pengguna bulanan dan jumlah unduhan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan dan kualitas informasi
terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee di Kota Batam.
Penelitian melakukan penelitian dengan jumlah sampel 385 responden
berdasarkan non probability sampling dengan pengambilan sampel purposive.
Metode analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Uji kualitas data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas,
uji asumsi dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji
heteroskedastisitas, dan uji pengaruh menggunakan uji regresi linier berganda dan
uji koefisien determinasi, sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan uji t dan f. tes. Dengan menggunakan software statistik SPSS 26.
Berdasarkan hasil penelitian uji-t menunjukkan kepercayaan berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian sebesar 8,838 > 1,966 dan signifikan dengan nilai
sig t sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan kualitas informasi berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian sebesar 8,524 > 1,966 dan signifikan dengan nilai
sig t 0,000 < 0,05 dan hasil uji F berupa nilai 299,687 > F tabel 2,628 dengan
nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa kepercayaan dan
kualitas informasi berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan
pembelian.