DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Di Kota Batam
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Angraini, Ade Natasha Putri
Subject
658.81 Manajemen Pemasaran 
Datestamp
2021-09-09 03:18:54 
Abstract :
Era globalisasi yang kini semakin pesat telah merubah kehidupan dalam berbagai aspek, seperti transportasi, perdagangan, komunikasi elektronik dan lainnya. Dengan adanya marketplace, konsumen merasa dimudahkan dan diuntungkan karena dengan adanya hal ini konsumen dapat memenuhi kebutuhan hidup tanpa harus mendatangi atau mengunjungi toko yang menyediakan barang tersebut. Shopee berhasil menjadi marketplace terpopuler di Indonesia di Juni 2020. Marketplace asal Singapura itu mengalahkan para pesaingnya dalam segi jumlah pengguna bulanan dan jumlah unduhan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee di Kota Batam. Penelitian melakukan penelitian dengan jumlah sampel 385 responden berdasarkan non probability sampling dengan pengambilan sampel purposive. Metode analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Uji kualitas data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji pengaruh menggunakan uji regresi linier berganda dan uji koefisien determinasi, sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan f. tes. Dengan menggunakan software statistik SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian uji-t menunjukkan kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sebesar 8,838 > 1,966 dan signifikan dengan nilai sig t sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan kualitas informasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sebesar 8,524 > 1,966 dan signifikan dengan nilai sig t 0,000 < 0,05 dan hasil uji F berupa nilai 299,687 > F tabel 2,628 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa kepercayaan dan kualitas informasi berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 
Institution Info

Universitas Putera Batam