Abstract :
Perlunya pengetahuan terhadap perkembangan teknologi augmented reality pada
smartphone sebagai media pembelajaran yang dipelajari di SDN 003 kelas V
Sagulung Kota Batam. media yang digunakan masih menggunakan buku dan papan
tulis saja, ini yang menyebabkan kurangnya minat siswa-siswi dalam belajar
sejarah. Sistem pembelajaran yang masih tradisional berpedoman pada buku saja
sehingga siswa-siswi merasa bosan ketika belajar. Dengan pemanfaatan teknologi
augmented reality ini akan membuat pembelajaran semakin modern, sehingga
dapat menarik minat siswa untuk lebih giat belajar sejarah kemerdekaan Indonesia
berbasis digital atau melalui media yang semakin canggih. Penelitian ini bertujuan
untuk merancang, membangun dan mengimplementasikan aplikasi augmented
reality. Penelitian ini dibutuhkan beberapa langkah dalam proses perancangan
aplikasi augmented reality sebagai media pembelajaran sejarah kemerdekaan
Indonesia berbasis android seperti identifikasi masalah, perumusan masalah, studi
literatur, pengumpulan data, perancangan aplikasi, pengujian dan hasil dari aplikasi
yang dibuat. Penelitian ini dilakukan untuk memperkenalkan Sejarah Kemerdekaan
Indonesia buat kelas V di SDN 003 Sagulung Kota Batam, berdasarkan materi dari
kurikulum 2013. Materi pembelajaran diambil berdasarkan pada buku
pembelajaran Tematik 7 yaitu tentang peristiwa dan kehidupan siswa. Unity 3D
sebagai software yang digunakan untuk membuat aplikasi. Blender berfungsi untuk
membuat objek 3D. Vuforia SDK sebagai database dari marker. C# merupakan
bahasa pemrograman yang digunakan, Photoshop sebagai desain dari tampilan
aplikasi, dan Balsamiq Wireframe sebagai rancangan antarmuka. Aplikasi dari
augmented reality dibuat untuk menghasilkan aplikasi pembelajaran yang sangat
menarik tentang sejarah kemerdekaan indonesia yang bisa digunakan oleh siswa
dimana saja dan kapan saja. dengan adanya teknologi augmented reality bisa
menjadi media pembelajaran yang sangat menyenangkan dalam mempelajari
pembelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia.