DETAIL DOCUMENT
Game Edukasi Pengenalan Peta Buta Benua Asia Berbasis Android
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Leo, Yohanes
Subject
910-919 Geografi dan Perjalanan 
Datestamp
2021-04-03 02:00:16 
Abstract :
Pembelajaran peta buta berguna untuk mengetahui nama posisi, gambaran wilayah benua, negara, dan ibu kota. Media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar peta buta, hanya berupa buku cetak. Sedangkan buku atlas dan globe hak milik sekolah dengan jumlah yang terbatas, serta hanya bisa dipinjamkan saat kelas akan dimulai. Sehinga murid kesulitan jika ingin mengulang pembelajaran tersebut di luar kelas. Proses pembelajaran peta buta dimulai dari membaca buku cetak, lalu guru menjelaskan tentang letak geografis suatu negara, menggunakan sebuah globe di depan kelas. Hal ini membuat murid hanya dapat mendengarkan penjelasan dari guru di depan kelas, di mana interaksi yang terjadi hanya satu arah. Metode proses pembelajaran yang dijalankan SDS Charitas Batam terkait peta buta, terlihat sangat banyak memiliki kekurangan dan keterbatasan yang membuat murid menjadi kesulitan didalam memahami materi peta buta. Metode yang digunakan dalam perancangan game edukasi pengenalan peta buta benua asia berbasis android ini menggunakan metode GDLC atau Game Development Life Cyle dan UML atau Unified Modeling Language serta mengunakan software Construct 2, web 2 apk builder, Adobe Photoshop, dan strarUML. Hasil dari penelitian ini berupa game edukasi pengenalan peta buta benua asia berbasis android. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan game edukasi pengenalan peta buta benua asia berbasis android menjadi media pembelajaran yang menarik dan mudah mudah dipahami oleh murid kelas 6 SDS Charitas Batam, meningkatkan pengetahuan bagi murid dalam masalah peta buta benua asia, dan mendorong keinginan belajar secara optimal pada murid. 
Institution Info

Universitas Putera Batam