Abstract :
Online shop melakukan persaingan dalam menjual produk sesuai yang dibutuhkan saat ini
dengan ciri khas masing-masing untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin agar
membeli produk mereka serta merasakan kepuasan terhadap produk yang diterimanya.
Untuk dapat memuaskan pelanggan, online shope harus memperhatikan beberapa hal
yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa loyalitas dari pelanggan bagi online shope
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CRM dan kepuasan
konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada Online Shope Joshstore Batam. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 130
orang. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Teknik
pengambilan sampel yang diambil adalah sampel jenuh yang berarti semua populasi
dijadikan sampel. Data diolah menggunakan SPSS versi 25 dengan hasil penelitian
diketahui t hitung > t tabel yaitu 6,018 > 1,656 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05
yang berarti bahwa CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan
Online Shope Joshstore Batam , t hitung Kepuasan Konsumen diketahui > t tabel yaitu
7,522 > 1,656 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Kepuasan Konsumen
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Online Shope Joshstore
Batam. Dan ada CRM dan Kepuasan Konsumen secara bersama-sama berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Terbukti dengan hasil uji F (simultan)
yang bernilai (F hitung) 127,341 > 2,67 (F tabel) dengan nilai signifikan pada 0,000 <
0,05. Serta nilai R Square nya 0,667.