DETAIL DOCUMENT
Pengaruh CRM dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan pada Online Shope Joshstrore Batam
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Sari, Ratna
Subject
658.81 Manajemen Pemasaran 
Datestamp
2021-09-10 07:51:31 
Abstract :
Online shop melakukan persaingan dalam menjual produk sesuai yang dibutuhkan saat ini dengan ciri khas masing-masing untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin agar membeli produk mereka serta merasakan kepuasan terhadap produk yang diterimanya. Untuk dapat memuaskan pelanggan, online shope harus memperhatikan beberapa hal yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa loyalitas dari pelanggan bagi online shope tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CRM dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada Online Shope Joshstore Batam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 130 orang. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang diambil adalah sampel jenuh yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Data diolah menggunakan SPSS versi 25 dengan hasil penelitian diketahui t hitung > t tabel yaitu 6,018 > 1,656 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Online Shope Joshstore Batam , t hitung Kepuasan Konsumen diketahui > t tabel yaitu 7,522 > 1,656 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Kepuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Online Shope Joshstore Batam. Dan ada CRM dan Kepuasan Konsumen secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Terbukti dengan hasil uji F (simultan) yang bernilai (F hitung) 127,341 > 2,67 (F tabel) dengan nilai signifikan pada 0,000 < 0,05. Serta nilai R Square nya 0,667. 
Institution Info

Universitas Putera Batam