Abstract :
Penelitian game edukasi ini bertujuan untuk membuat bahan ajar matematika
berupa game edukasi bermain sambil belajar gimana game itu harus di buat yang
menarik agar user ingin bermain sambil belajar tanpa ia sadari dan pada materi
bahan ajar untuk di game edukasi pembelajaran persamaan linier untuk SMP/MTs
kelas VII, serta mengetahui kualitas bahan ajar yang dilihat dari keefektifan dan
kepraktisan game edukasi tersebut. Penelitian game edukasi dilakukan
berdasarkan model 4D (Four-D) namun dalam penelitian ini dilakukan sampai
tahap tiga yaitu tahap define, desain, dan development. Game edukasi ini
didukung dengan sofware constrak 2 yang berbasis HTML5 dengan platform 2D
yang dikembangkan oleh Scirra dan juga Construct 2 tidak menggunakan bahasai
pemrogramana khusus, karenai semuai perintahi yang digunakaniipada igameii
diaturi dalami EvenaSheeti yangi terdirii darii Eventi dan Action. Sedangkan
komponen ? komponen dalam membuat game edukasi yaitu opening splash
screen (pembukaan), menu screen (tampilan menu), music (musik), sound effects
(efek suara), obsctacle (rintangan), levels (tingkatan), adversaries (lawan/musuh),
player(pemain), dan scene (adegan). Responses soal tes hasil belajar siswa untuk
mengukur keefektifan game edukasi dan responses angket guru serta siswa untuk
mengukur kepraktisan game edukasi tersebut. Uji coba game edukasi dilakukan di
MTs Teluk Sasah pada kelas VII dan VIII. Hasil penelitian ini berupa game
edukasi pembelajaran matematika persamaan linier berbasis android. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh bahwa game edukasi yang dibuat efektif dan praktis.