Abstract :
Pesatnya perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi
sebagian besar aspek kehidupan masyarakat di berbagai bidang, khususnya
dibidang Pendidikan salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran
augmented realty. Augmented reality memungkinkan pengguna untuk melihat
dunia nyata dengan objek maya. Oleh karena itu. Augmented reality ini dapat
digunakan sebagai media pembelajaran yaitu alat bantu yang digunakan guru
untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dan
mengenal nama-nama ilmiah dari flora dan fauna. Penyusunan perancangan
augmented reality menggunakan metode Makerless-Based Tracking yang
merupakan metode yang tidak memerlukan marker untuk menampilkan objek
virtual. Peneliti menggunakan UML (Unified Modeling Language) untuk
menguraikan cara kerja dalam aplikasi augmented reality yang tediri dari 4 jenis
diagram, yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, dan
Class Diagram. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan software Unity 3D
untuk perancangan aplikasi. Peneliti juga menggunakan Adobe Ilustrator sebagai
desain aplikasi. Hasil dari penelitian in adalah aplikasi tersebut dapat di install
pada perangkat android serta tampilan pada aplikasi ini mudah untuk digunakan.