DETAIL DOCUMENT
Penerapan Augmented Reality Pengenalan Nama Ilmiah Flora Dan Fauna Berbasis Android
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Promega, Dikna Sella
Subject
005.1 Pemrograman 
Datestamp
2021-09-15 04:19:05 
Abstract :
Pesatnya perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi sebagian besar aspek kehidupan masyarakat di berbagai bidang, khususnya dibidang Pendidikan salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran augmented realty. Augmented reality memungkinkan pengguna untuk melihat dunia nyata dengan objek maya. Oleh karena itu. Augmented reality ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yaitu alat bantu yang digunakan guru untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dan mengenal nama-nama ilmiah dari flora dan fauna. Penyusunan perancangan augmented reality menggunakan metode Makerless-Based Tracking yang merupakan metode yang tidak memerlukan marker untuk menampilkan objek virtual. Peneliti menggunakan UML (Unified Modeling Language) untuk menguraikan cara kerja dalam aplikasi augmented reality yang tediri dari 4 jenis diagram, yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, dan Class Diagram. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan software Unity 3D untuk perancangan aplikasi. Peneliti juga menggunakan Adobe Ilustrator sebagai desain aplikasi. Hasil dari penelitian in adalah aplikasi tersebut dapat di install pada perangkat android serta tampilan pada aplikasi ini mudah untuk digunakan. 
Institution Info

Universitas Putera Batam