Abstract :
Salah satu transportasi umum di Kota Batam yaitu Bus Trans Batam. Bus Trans
Batam merupakan transportasi umum yang dihadirkan oleh pemerintah Kota Batam
kepada masyarakat. Dalam upaya untuk menciptakan kepuasan penumpang, kualitas
layanan, serta fasilitas dengan mempertahankan nilai kepuasan penumpang.
Penelitian ini tujuannya guna memahami pengaruh fasilitas serta kualitas layanan
pada kepuasan penumpang Trans Batam di koridor Sekupang-Jodoh. Metode yang
dipergunakan yaitu kuantitatif dimana kuesioner dijadikan instrumen pada
pengumpulan datanya. Teknik yang dipergunakan probability sampling yakni
pengambilan sample dengan simple random sampling. Sample yang dipergunakan
jumlahnya 100 responden pengguna Bus Trans Batam. Hasil penelitian ini diuji
mempergunakan SPSS 25 memperlihatkan kepuasan penumpang dipengaruhi kualitas
layanan serta fasilitas dengan RSquare 0,843 (84,3%). Hasil ini membuktikan
kualitas layanan serta fasilitas ada pengaruh positif signifikan pada kepuasan
penumpang.