Abstract :
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, begitu
juga dengan minimarket yang mudah ditemukan di kota besar maupun pedesaan.
Penjualan menggunakan mesin kasir dan aplikasi yang memudahkan penjual
dalam bertransaksi. Al Barokah Mart adalah salah satu minimarket yang
menggunakan sistem penjualan barang secara komputerisasi. Pengambilan data
dilakukan melalui tahap wawancara, observasi tempat penelitian serta penarikan
data transaksi penjualan dari sistem aplikasi kasir dengan metode algoritma
apriori. Penelitian ini bertujuan untuk mengubah data transaksi penjualan menjadi
pengetahuan yang baru dan berharga. Selain itu, guna mendapatkan pola
pembelian konsumen dalam transaksi. Pembelian item barang yang sering diambil
secara bersamaan membuat penulis ingin mencari apa saja item tersebut guna
memudahkan pihak minimarket mengatur tata letak dan pengadaan stok barang.
Pada penelitian ini penulis telah mengumpulkan data transaksi kemudian
mengambil data secara acak, membuat tabulasi data, memilah data dengan
menentukan nilai minimum support dan confidence kemudian diuji kebenarannya
menggunakan aplikasi data mining dengan metode algoritma apriori. Setelah
proses pengujian, ditemukan hasil tertinggi nilai support 12,24% dan nilai
confidence 92,31% adalah Jajanan snack, Mancis, Rokok. Penerapan algoritma
apriori pada data transaksi penjualan sangat berguna dan efesien dalam proses
pembentukan kombinasi antar item. Dengan penerapan metode ini tata letak
barang lebih selektif dan pengadaan barang diperbaharui setelah mengetahui hasil
dari pengujian sistem