Abstract :
PT. Batam Bintan Telekomunikasi memiliki beberapa karyawan yang tersebar di
beberapa ruangan. Media komunikasi adalah cara yang paling penting untuk
menjaga komunikasi antara karyawan. Sebelumnya, media komunikasi yang
digunakan di PT Batam Bintan Telecommunication adalah telepon PABX (Private
Automatic Branch Exchange), tetapi dalam penerapan PABX telepon tidak optimal
karena setiap ruangan hanya memiliki satu PABX Line saja sedangkan di satu
ruangan terdiri dari delapan orang karyawan. Oleh karena itu, diperlukan
optimalisasi sistem komunikasi antara karyawan PT Batam Bintan telekomunikasi.
Optimalisasi sistem komunikasi dilakukan dengan cara menerapkan Voice over
Internet Protocol (VoIP) sebagai media komunikasi penggantian PABX. VoIP
diimplementasikan menggunakan AsteriskNow server dan SIP Phone, Zoiper, serta
3CX SoftPhone sebagai aplikasi untuk membuat panggilan pada komputer klien.
Berdasarkan hasil penelitian, penerapan VoIP pada komputer di lingkungan PT
Batam Bintan telekomunikasi yang dihubungkan oleh AsteriskNow server, VoIP
dapat memfasilitasi komunikasi antar karyawan yang berguna untuk menunjang
kinerja karyawan.