Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui E-WOM, customer review dan gratis
ongkir terhadap keputusan pembelian. Studi Kasus pada aplikasi Shopee dengan
menggunakan teknik accidental sampling. Uji kualitas data penelitian menggunakan
uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji pengaruh menggunakan analisis
regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi (R2), pengujian hipotesis
menggunakan penelitian (uji t) dan (uji f) dengan menggunakan SPSS 25 program
perangkat lunak. Determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel E-WOM, customer
review dan gratis ongkir sebesar 34,8% terhadap keputusan pembelian. Hasil uji
regresi linier berganda menunjukkan bahwa E-WOM (X1) bermakna sebesar 35,6%
terhadap keputusan pembelian (Y), customer review (X2) bermakna sebesar 42,1%
terhadap keputusan pembelian (Y) dan gratis ongkir (X3) bermakna sebesar -0,84%
terhadap keputusan pembelian (Y). Dari hasil pengujian dan pengujian didapatkan
bahwa E-WOM bermakna positif dan sig. terhadap kepputusan pembelian, customer
review bermakna positif dan sig. terhadap keputusan pembelian, sedangkan gratis
ongkir bermakna negative dan tidak sig. terhadap keputusan pembelian.