Abstract :
Demam game mulai hadir dari lahirnya bermacam game, dan ini menjadi sebuah
candu yang tidak terhindarkan pada saat ini. Keadaan ini sangat disayangkan
karena game membuat beberapa pemainnya menjadi lupa waktu dan melalaikan
tanggungjawab dan meninggalkan kegiatan produktif (bekerja, belajar). Candu
bermain game disebabkan karena ragam jenis permainan yang semakin banyak
namun hanya menawarkan segi hiburan semata. Padahal game bisa menjadi
sumber pembelajaran jika memainkan game dengan tema permainan yang tepat,
yaitu Permainan Edukasi. Kemudian, kondisi lainnya yang terjadi adalah fakta
bahwa banyak orang yang ingin mempelajari bahasa pemrograman, akan tapi
mereka menemui beberapa kendala dan hambatan seperti media belajar yang
monoton serta suasana belajar yang cenderung membosankan, sehingga mereka
kesulitan dalam mempelajari dan memahami bahasa pemrograman serta membuat
proses memahami pemrograman menjadi langkah panjang yang tak berkesudahan.
Dari kondisi permasalahan yang telah dipaparkan sebelumnya, peneliti dalam
penelitian ini berencana untuk menjawab keadaan diatas, dimana ditawarkannya
alternatif dalam mempelajari bahasa pemrograman melalui pembuatan sebuah
permainan edukasi yang bertema pelajaran bahasa pemrograman, agar membuat
calon pembelajar bahasa pemrograman menjadi lebih mudah dalam
mempelajarinya. Hasilnya dari penelitian ini ditemukan bahwa sebanyak 17
responden telah berpartisipasi menguji permainan edukasi yang dibuat dan
didapati bahwa 82,4% responden memahami materi yang dikandung terkait
bahasa pemrograman didalamnya. Dilanjutkan dengan temuan bahwa sebesar
64,7% aspek materi lebih dapat diserap selain aspek hiburan yang juga
ditawarkan.