Abstract :
UMKM MiniMall merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam bidang penjualan
produk, meliputi: barang pecah belah, pakaian, perlengkapan rumah tangga,
aksesori untuk fashion dan peralatan elektronik di kota Batam. UMKM MiniMall
memanfaatkan platform e-commerce untuk menjual produknya. Berdasarkan data
penjualan produk pada Maret 2020 sampai dengan Februari 2021 terjadi penurunan
tingkat penjualan dan kondisi tersebut kini menjadi masalah bagi UMKM MiniMall
karena dapat mengganggu kelangsungan bisnisnya. Melihat permasalahan tersebut,
penulis ingin melakukan analisis kepuasan konsumen UMKM MiniMall karena
tingkat penjualan produk pada dasarnya berhubungan dengan kepuasan konsumen.
Pelaksanaan analisis pada penelitian dilakukan menggunakan teknik data mining
dengan algoritma C4.5. Analisis dilakukan dengan melakukan perhitungan manual
menggunakan rumus gain dan entropy algoritma C4.5 dan menggunakan aplikasi
WEKA versi 3.9.5 untuk memastikan kebenaran dan keakuratan perhitungan
manual tersebut. Disimpulkan bahwa kepuasan konsumen UMKM MiniMall
terbukti dapat dianalisis menggunakan data mining dengan algoritma dari C4.5 dan
hasil penelitian bisa digunakan untuk membantu meningkatkan penjualan produk.
Selain itu, pohon keputusan dan hasil perhitungan secara manual menggunakan
rumus gain dan entropy algoritma C4.5 memiliki hasil yang sama dengan pengujian
data menggunakan aplikasi WEKA versi 3.9.5, sehingga dapat dikatakan hasil
penelitian melalui penggunaan aplikasi WEKA dan perhitungan secara manual
sama-sama benar dan akurat sehingga memudahkan peneliti saat melakukan
analisis data kepuasan konsumen yang berasal dari kuesioner. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa indikator ketersediaan produk, kualitas produk dan ketepatan
pengiriman mempengaruhi kepuasan konsumen UMKM MiniMall dengan cukup
besar.