Abstract :
Dalam kondisi persaingan yang ketat, hal utama yang harus diprioritaskan oleh
pedagang yang bergerak di bidang kuliner adalah kepuasan konsumen agar dapat
bertahan, bersaing dan menguasai pasar. Untuk mengukur kepuasan konsumen
terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan fasilitas, rasa masakan, kebersihan
dan kualitas pelayanan juga sangat berpengaruh kepada tingkat kepuasan, dan dari
tingkat kepuasan konsumen di Rumah makan pacitan dianalisis menggunakan fuzzy
Mamdani dengan software mathlab dan dibantu dengan SPSS. Perancangan sistem
untuk mendapatkan output dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: pembentukan
himpunan fuzzy, aplikasi fungsi implikasi (pembentukan aturan fuzzy), komposisi
aturan fuzzy, penegasan (defuzzifikasi).Output yang diperoleh yaitu tingkat
kepuasan pelanggan dengan bilangan riil (nilai rill) yang artinya pelanggan merasa
cukup puas dengan pelayanan yang diberikan di Rumah Makan Pacitan. Logika
fuzzy merupakan sistem untuk memecahkan masalah yang cocok untuk diterapkan
pada sistem, mulai dari sistem yang sederhana dan sistem kecil berbasis akuisisi
data. Dengan menerapkan logika fuzzy dalam mendukung keputusan yang akan
diambil diharapkan menghasilkan suatu keputusan sesuai dengan yang diharapkan.
Dengan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan tersebut tentunya rumah makan
pacitan dapat mengetahui tingkat kepuasan yang di dapatkan dari konsumen ketika
berkunjung ke rumah makan pacitan. Tentunya dengan perhitungan manual yang
bisa diterpakan dan disamakan dengan perhitungan pada Matlab. Maka dari itu,
penulis mencoba membuat penelitian analisis kepuasan pelanggan diwarung makan
pacitan dengan menggunakan logika fuzzy metode mamdani.