Abstract :
Perusahaan kini semakin dituntut agar dapat mengenali perilaku konsumen untuk
memenuhi kebutuhan mereka. Perusahaan yang ingin bertahan harus memiliki
poin lebih yang dapat memberikan kemantapan kepada calon konsumen untuk
menggunakan jasa yang mereka tawarkan disbanding perusahaan lain. Agar dapat
memuaskan pelanggan, penyedia jasa harus memperhatikan beberapa yang dapat
mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan jasa tersebut. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi
terhadap keputusan tamu untuk menginap di Hotel Harris Waterfront. Penelitian
kuantitatif merupakan jenis penelitian ini dengan populasi 12.581 orang.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik penentuan sampel dalam
penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga didapat 100 sampel. Data
diolah menggunakan SPSS versi 26 dengan hasil penelitian diketahui kualitas
pelayanan menghasilkan nilai t hitung > t tabel yaitu 5,664 > 1,98498 dengan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan menginap, t hitung fasilitas diketahui > t
tabel yaitu 5,248 > 1,98498 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa
fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap. Hasil t
hitung lokasi > t tabel yaitu 2,736 > 1,98498 dengan signifikansi 0,007 < 0,05
yang berarti lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
menginap. Serta Kualitas Pelayanan, fasilitas dan lokasi secara bersama-sama
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap yang dibuktikan
dengan hasil uji F (simultan) yang bernilai Fhitung 100,503 > 2,70 Ftabel dengan
nilai signifikan pada 0,000 < 0,05 dan nilai R Square nya 0,751.