Abstract :
Penelitian tersebut menguji pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap
kepuasan pelanggan pada pengguna smartphone Realme di kota Batam. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dan metode
total sampling, yaitu total penomoran yang diambil dari 110 responden. Perangkat
lunak yang digunakan untuk mengelola dan menganalisis data adalah SPSS versi
25. Data diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada pengguna smartphone Realme
di kota Batam. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda
dan uji kualitas dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji
asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji
heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, dan analisis koefisien
determinan. Jenis penelitian tersebut ialah penelitian replikasi dengan pendekatan
kuantitatif. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung variabel
kualitas produk sebesar 6,047 > t tabel 1,98217 dan nilai sig t 0,000 < 0,05. Hasil t
hitung kualitas pelayanan 6,604 > t tabel 1,98217 dan nilai sig t 0,000 < 0,05. Dan
f hitung = 98,461 dan f tabel = 3,08, maka f hitung lebih besar dari f tabel dan nilai
signifikan 0,000 < 0,05. sehingga secara simultan variabel kualitas produk dan
kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.