Abstract :
Perkembangan bisnis yang berkembang pesat menimbulkan berbagai persaingan
yang cukup signifikan. Kondisi tersebut menyebabkan pebisnis semakin dituntut
untuk mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi target volume penjualan.
Salah satu perkembangan yang semakin ketat adalah perkembangan bisnis di
bidang otomotif. Persaingan Dealer di Indonesia saat ini sangat ketat, khususnya
di Kota Batam sebagai daerah industri dan perdagangan, yang membuat
persaingan baik itu di konsumen local maupun global. Tujuan utama dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas
terhadap kepuasan pelanggan pada Dealer Yamaha Graha Kota Batam secara
parsial dan simultan. Sampel konsumen yang datang ke Dealer Yamaha Graha
Batam sebanyak 182 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan
adalah accidental sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner
(kuesioner). Hasil penelitian ini diketahui uji t dimana hasil uji t untuk kualitas
pelayanan 4,580 > t tabel 1,653 nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan untuk fasilitas
8,236 > 1,653 nilai signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan konsumen (H1 diterima) dan fasilitas secara parsial
juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (H2
diterima). Hasil uji f dimana f hitung 98,870 > f tabel 3,04 dan nilai signifikansi
0,000 < 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan
fasilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan (H3 diterima).