Abstract :
Game Edukasi merupakan permainan dengan menggunakan kecerdasan berpikir,
pada dasarnya Game Edukasi bertujuan untuk memberikan wawasan kepada
pengguna untuk menambah ilmu pengetahuan, dan yang terjadi saat ini adalah
hadirnya Wabah Covid-19 ataupun sering disebut Virus Corona merupakan
golongan Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2)
merupakan Virus yang menyerang sistem pernapasan Virus Covid-19 berasal dari
Wuhan Cina. Perkembangan Virus Covid-19 ini telah mengalami kenaikan yang
sangat tinggi hampir diseluruh dunia, angka kematian semangkin meningkat,
dengan bertambahnya korban jiwa setiap harinya tanpa memandang usia dan juga
kondisi kesehatan setiap orang, dalam menghadapi wabah Covid-19 ini
Pemerintah menganjurkan untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan mengikuti
Protokol Kesehatatan, denga menerapkan 3M, yaitu Mencuci Tangan, Menjaga
Jarak, Memakai Masker. Penelitian ini bertujuan untuk membuat Game Edukasi
Pola Hidup Sehat Berbasis Android dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19,
sesuai dengan anjuran Pemerintah maka Aplikasi ini sangat mendukung untuk
memberikan Edukasi bagaimana Pola Hidup Sehat, dengan memberikan Edukasi
mengenai cara cuci tangan, cara memakai masker, dan cara menjaga jarak yang
sering disebut menerapkan 3M. Metode yang digunakan Peneliti pada Penelitian
ini adalah metode dengan memanfaatkan aplikasi construct 2 dimana aplikasi
construct 2 berbasis 2D dan juga dapat menjalankan aplikasi Game Edukasi yang
hendak dibuat Penulis. Pengujian aplikasi menggunakan metode Black Box
Testing. Bahasa Pemrograman yang digunakan dalam pengembangan Aplikasi ini
adalah HTML 5. Desain pada aplikasi dibatasi dengan Identifikasi Masalah,
Rumusan Masalah, Tujuan, Menganalisis data yang dibutuhkan. Perancangan
Game, Pengujian aplikasi dan yang terakhir Kesimpulan. Hal-hal yang telah
dilakukan pada pengembangan Aplikasi ini akan dibahas dibagian akhir Skripsi
ini.