Abstract :
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa pengaruh Personal selling (X1),
Sales promotion (X2) dan Distribusi (X3) terhadap keputusan konsumen (Y) pada
PT Superindo Karya Gemilang Batam. Penelitian ini adalah kuantitatif dan
penyebaran data melalui kuesioner. Sampel dalam penelitian ini mencapai 115
melalui teknik Slovin, maka kuesioner ini disebarkan kepada responden yang
berjumlah 115 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik Nonprobability sampling yaitu teknik pengambilan sampel
yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota
populasi untuk dipilih menjadi sampel. Selanjutnya data yang telah terkumpul
dianalisis dengan analisis regresi berganda dengan bantuan alat hitung SPSS
(Statistic product and Service Solution) versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Personal selling (X1), Sales promotion (X2) dan Distribusi (X3)
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen (Y)
pada PT Superindo Karya Gemilang dan variabel Personal selling (X1) secara
parsial memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan
konsumen (Y), dan variabel Sales promotion (X2) secara parsial memberikan
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen (Y). Secara
simultan Personal selling (X1), Sales promotion (X2) dan Distribusi (X3)
memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen (Y)
pada PT Superindo Karya Gemilang Batam.