Abstract :
Teknologi Augmented Reality memberikan kontribusi terutama pada bidang
pemasaran. Menjadi sebuah teknologi digital yang dapat di manfaatkan untuk
bidang pemasaran dengan konsep sebuah objek dunia nyata di rancang dalam
bentuk 3D kemudian di tampilkan secara virtual melalui layar smartphone sehingga
dapat dilihat seolah-olah adanya objek asli yang sedang dilihat. Carrrefour Kepri
Mall merupakan sebuah perusahaan retail modern, sebagai destinasi belanja,
bersantap dan bermain dengan konsep lifestyle, tetap terjangkau dan lengkap. Akan
tetapi konsep perusahaan dengan sistem kerja perusahaan belum seimbang. Hal ini
dilihat bahwa proses pemasaran yang terjadi di lapangan masih dilakukan
menggunakan brosur secara manual yang hanya tertera nama dan harga. Ditinjau
dari konsep perusahaan sehingga teknologi Augmented Reality menjadi relevan
untuk diterapkan dengan sistem kerja perusahaan. Aplikasi Unity 3D merupakan
aplikasi utama dalam membangun aplikasi berbasis Augmented Reality yang
memiliki fungsi untuk mengolah dan masukan koding. Markerless adalah marker
dengan pengembangan yang lebih fleksibel karena marker ini tidak mengharuskan
objek marker pada satu kriteria saja, akan tetapi dapat digantikan dengan objek
yang lebih berwarna dan menarik. Marker akan di upload di Vuforia guna untuk
objek deteksi aplikasi Augmeneted Reality. Diharapkan kedepannya dengan
menerapkan teknologi Augmented Reality proses pemasaran bisa lebih efektif
karena tidak membawa produknya secara langsung dan konsumen dapat secara
langsung melihat produk yang dipromosikan dalam bentuk 3D tanpa harus melihat
produk secara langsung