Abstract :
Globalisasi telah memberikan dampak yang sangat besar pada semua bidang
kehidupan, termasuk ekonomi. Termasuk perusahaan distributor beras di Batam.
Salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bagian distributor beras di Kota
Batam adalah PT. Parikesit Sri Putra. Masalah pada perusahaan tersebut antara
lain kualitas produk, promosi dan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan
pembelian, menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, dan
menganalisis pengaruh kualitas produk dan promosi secara simultan terhadap
keputusan pembelian pada PT Parikesit Sri Putra. Penelitian ini dilakukan pada
konsumen PT Parikesit Sri Putra. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 295 responden dengan teknik pengambilan
sampel yaitu accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi
linier berganda dengan bantuan IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan hitung sebesar 3,327 > t tabel 1,650 dengan tingkat signifikansi
0,000, promosi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan nilai t tabel 3,274 > t tabel 1,650 dengan nilai signifikansi
0,098, kualitas produk dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap
keputusan pembelian dengan nilai R square sebesar 0,700 atau 70%.