Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh motivasi, sosialisasi,
dan pemahaman wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak KPP Pratama Batam
Selatan. Populasi dalam peneltian ini berjumlah 346.894 wajib pajak orang
pribadi, dan sampelnya ditentukan dengan menggunakan rumus slovin yaitu
berjumlah 400 wajib pajak. Sampel diambil menggunakan teknik simple random
sampling. Data yang digunakan adalah data primer berupa penyebaran kuesioner
melalui Google Form dengan skala Likert 1-5 poin. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis
deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji
heterokedastisitas), analisis linear berganda dan uji hipotesis (uji parsial, uji
simultan dan uji koefisien determinasi). Hasil uji parsial motivasi perpajakan
diperoleh nilai t hitung sebesar -0,415 < 1,966 t tabel dan nilai signifikan sebesar
0,679 > 0,05 yang artinya variabel motivasi perpajakan tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sosialisasi perpajakan diperoleh nilai t
hitung sebesar 2,447 > 1,966 t tabel dan nilai signifikan sebesar 0,015 < 0,05 yang
artinya variabel sosialisasi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan
wajib pajak dan pemahaman perpajakan diperoleh nilai t hitung sebesar 11,475 >
1,966 t tabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya variabel
pemahaman perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
Hasil uji simultan diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan f hitung 46,968 >
2,63 maka motivasi, sosialisasi, dan pemahaman perpajakan berpengaruh
signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil uji determinasi diperoleh nilai
sebesar 0,257 yang berarti motivasi, sosialisasi dan pemahaman wajib pajak
memberikan pengaruh sebesar 25,7% terhadap kepatuhan wajib pajak dan sisanya
sebesar 74,3% dipengaruhi oleh variabel lain.