Abstract :
Dunia bisnis mulai dari kalangan menengah sampai kalangan atas terus bersaing
untuk dapat menghasilkan pelayanan yang cepat dengan fasilitas pelayanan yang
tersedia. Untuk dapat mempertahankan reseller, perusahaan jasa ataupun
perusahaan manufaktur harus dapat berusaha untuk memberikan pelayanan
terbaik, termasuk pelayanan cepat sehingga reseller tidak perlu menunggu lama.
Oleh karena itu dilakukan simulasi antrian reseller pada Toko Kaelyn Collection
dengan menggunakan Multi Channel Model. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui berapa waktu pelayanan, waktu reseller dalam sistem, jumlah kasir
yang optimal pada Toko Kaelyn Collection. Kondisi optimal dilihat dari dua aspek
yaitu aspek pelayanan dan aspek biaya. Jumlah kasir yang beroperasi saat ini
berjumlah 2 orang dengan jumlah rata-rata kedatangan reseller pada bulan
Oktober 2020 adalah 24 orang dengan waktu pelayanan selama 4 menit. Hasil
penelitian menggunakan Multi Channel Model, Toko Kaelyn Collection perlu
menambahkan 2 kasir menjadi 4 kasir dengan waktu rata-rata reseller dalam
antrian untuk mendapatkan pelayanan (Wq) adalah 0,0025 jam atau 0,15 menit
atau 9 detik dan waktu yang dihabiskan reseller dalam pelayanan adalah 0,0692
jam atau 4 menit 9 detik dari yang sebelumnya menggunakan 2 kasir dengan
waktu rata-rata reseller dalam antrian untuk mendapatkan pelayanan (Wq) adalah
0,1185 jam atau 7,11 menit dan waktu yang dihabiskan reseller dalam pelayanan
adalah 0,1852 jam atau 11,11 menit.