Abstract :
Toko Batam Collection adalah toko tas dan bagasi yang berlokasi di Baloi yang
bergerak di bidang fashion. Dalam pengolahannya, pemasaran penjualan tas dan
bagasi bersifat sederhana, yaitu hanya menjual produk-produk tersebut di
perumahan saja, sehingga terdapat kendala dalam proses pemasaran. Promosi
yang masih belum baik mengenai bisnis Batam Collection berdampak negatif
pada proses penjualan produk, seperti minimnya konsumen. Kekeliruan sering
terjadi saat membuat laporan yang membuat pengusaha kesulitan mendapatkan
informasi yang cepat dan akurat. Penganalisaan sistem milik toko Batam
Collection dan juga sistem baru yang diusulkan dan merancang sistem E?Commerce pada toko Batam Collection menggunakan sistem manajemen konten
(CMS) merupakan tujuan penelitian ini. Daur Hidup Pengembangan Sistem
melalui metode Air Terjun adalah metode yang digunakan untuk penelitian ini.
Metode ini meliputi analisis, desain, coding, dan testing. Hasil penelitian ini
nantinya akan menciptakan sebuah sistem berbasis E-Commerce yang akan
memudahkan aktivitas penjualan dan juga memperoleh laporan penjualan pada
toko Batam Collection. Dalam sistem E-Commerce, peneliti akan menggunakan
CMS OpenCart untuk pengolahan data. Setelah peneliti membuat sistem
penjualan produk dengan E-Commerce, sistem baru pada toko Batam Collection
dapat membuat pemasaran dan penjualan menjadi meningkat, serta pengaturan
produk penjualan menjadi teratur. Diharapkan sistem baru ini dapat memperlancar
pekerjaan dari semua pihak yang bersangkutan.