Abstract :
Penelitian ini dilakukan dengan beberapa metode analisis regresi linier dan
tes hipotesis dengan tujuan mengetahui dampak atau pengaruh antara inovasi
produk dan layanan terhadap minat pembelian konsumen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan transaksi pembelian di
John's Bakery Kota Batam dengan penetapan sampel menggunakan formula slovin.
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dari kuesioner yang
disebarluaskan melalui google form dan diproses menggunakan software SPSS
Version 26. Beberapa hasil analisis regresi linear menunjukkan nilai Y = -3,660 +
0,691X1 + 0,432X2 + e. Hasil koefisien penentuan (R2
) adalah 0,741. Dan untuk
hasil uji hipotetis untuk variabel inovasi produk diperoleh jumlah nilai thitung > ttabel
adalah 6.361 > 1,98 dan untuk variabel pelayanan thitung> ttabel adalah 6.292 > 1,98
yang menunjukkan secara parsial adanya pengaruh positif dan hasil yang signifikan
antara inovasi produk dan juga pelayanan terhadap minat beli konsumen. Hasil uji
F menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel adalah 153.009 > 3,08 sehingga dapat dikatakan
bahwa variabel inovasi produk dan pelayanan secara bersamaan memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap variabel minat beli konsumen di John's Bakery
Batam City.