Abstract :
Bahasa figuratif adalah sarana yang digunakan oleh kebanyakan pengarang untuk
mengutarakan apa yang ada di pikiran mereka dengan cara yang berbeda melalui
tipe-tipe figuratif. Hal ini bertujuan agar para pengarang mempunyai cara tersendiri
untuk menyampaikan apa yang ingin di sampikan. Figuratif sendiri memiliki
beberapa tipe tergantung dari penggunaannya. Di penelitian ini, penulis
menjelaskan lima tipe dari figuratif itu, seperti simile, metafora, personifikasi,
hiperbola, dan oksimoron. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menginvestigasi
tipe-tipe figuratif yang digunakan serta menemukan tipe figuratif yang paling sering
digunakan di akun Instagram Morgan.Love. Teori yang digunakan dalam penelitian
ini ialah dari Alexander (1963), Mezo (1999), Keraf (2006), dan Clearly & Gable
(2009). Serta didukung oleh penggunaan metode observasi dari Sudaryanto (2015).
Salah satu penggunaan dari bahasa figuratif dapat ditemui di Instagram. Namanya
ialah Morgan.Love yang memposting mengenai kutipan. Sehingga objek yang akan
dikaji di penelitian ini berasal dari akun Instagram Morgan.Love yang berbentuk
kutipan. Ditemukan tiga puluh data berbentuk kutipan yang mengandung tipe
figuratif. Diantaranya terdapat enam data mengandung simile, tiga data
mengandung metafora, sembilan data mengandung personifikasi, dan dua belas
data mengandung hiperbola. Tipe hiperbola adalah salah satu tipe yang paling
banyak digunakan karna tujuan dari tipe ini ialah untuk membuat suatu konteks
terkesan dramatis atau melebih-lebihkan. Sehingga tipe ini adalah yang paling
sering digunakan oleh pengarang di akun Instagram Morgan.Love.