Abstract :
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawakan impresi yang besar
pada aktivitas masyarakat, terlebihnya perkembangan teknologi telekomunikasi.
Telepon genggam sekarang telah berkembang menjadi telepon pintar (Smartphone)
yang sudah menyandang banyak karakteristik yang lengkap dan canggih. Oleh
karena itu, persaingan industri smartphone ini menjadi sangat ketat. Setiap
perusahaan selalu mengembangkan inovasi sistem pemasaran untuk bersaing dalam
dunia bisnis. Usaha perusahaan dalam membangun sistem pemasaran yang efisien
dikelilingi dan disaingi oleh perusahaan lain. Oleh dari itu, perusahaan memerlukan
pendekatan yang paling akurat agar produk yang dipasarkan diminati oleh
konsumen, baik konsumen yang loyal maupun konsumen baru. Keputusan
pembelian sudah menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari dan dapat
dipengaruhi oleh banyak faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh kualitas produk, desain produk, dan promosi terhadap keputusan
pembelian smartphone advan pada PT Maju Telekomunikasi Batam. Sampel dalam
penelitian adalah sebanyak 186 responden dan diambil dengan menggunakan
purposive sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data SPSS menunjukkan bahwa
kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai
t hitung 4,547. Desain produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan nilai t hitung 7,233. Sedangkan, promosi tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 0,068. Hasil uji f
menunjukkan nilai f hitung sebesar 65,758 sehingga dapat disimpulkan kualitas
produk, desain produk, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian.