Abstract :
Keputusan pembelian konsumen terhadap barang atau jasa dipengaruhi oleh faktor-faktor
seperti kualitas produk, saluran distribusi, dan promosi yang dilakukan perusahaan.
Pelanggan akan selalu memperhatikan kualitas produk yang bagus, kemudahan dalam
pendistribusian, dan adanya pemasaran promosi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
1)pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada PT Bingas
Manufacturing, 2) pengaruh saluran distribusi terhadap keputusan pembelian pada PT
Bingas Manufacturing, 3) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada PT
Bingas Manufacturing, 4) pengaruh kualitas produk, saluran distribusi, dan promosi
terhadap keputusan pembelian pada PT Bingas Manufacturing. Populasi dalam penelitian
ini sebanyak 128 responden yang merupakan pelanggan PT Bingas Manufacturing.
Peneliti menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel
sehingga sampel dalam penelitian adalah 128 responden. Analisis data penelitian ini diolah
menggunakan program software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil pengolahan SPSS
menunjukkan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu
nilai t hitung 7,094 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Saluran distribusi tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu nilai t hitung 1,685 dengan
nilai signifikansi 0,094 > 0,05. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan nilai t hitung 5,277 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji f
mengindikasikan nilai f hitung sebesar 47,222 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, saluran distribusi dan promosi secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.