Abstract :
Kompetitor bisnis dalam perdagangan semakin besar sehingga memaksa
pengusaha untuk bisa mempunyai kelebihan bersaing yang berkelanjutan. Setiap
perusahaan pasti memiliki keunggulan bersaing yang unik. Selain itu, perusahaan
juga dituntut untuk selalu memaksimalkan kemampuan inovatifnya, dan
menciptakan hal-hal baru, tidak hanya mempertahankan keunggulan yang sudah
ada khususnya dalam hal memuaskan dan memenuhi kepuasan konsumen dalam
bertransaksi. Kepuasan konsumen terhadap barang atau jasa dipengaruhi oleh faktor?faktor seperti kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi dimana usaha itu berada.
Pelanggan akan selalu menginginkan lokasi yang mudah dijangkau, produk berkualitas
tinggi, layanan yang sopan serta ramah sesuai pada kualitas produk yang dibeli. Tujuan
penelitian ini adalah apakah kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen pada PT Wali Jaya Utama. Sampel pada penelitian ini yaitu
sejumlah 120 responden. Analisis data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan
program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 5,342
Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen
dengan nilai t hitung 2,830. Lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 3,282. Hasil uji f menunjukkan nilai f hitung
sebesar 66,364 sehingga dapat disimpulkan kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi
secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.