Abstract :
Pada zaman globalisasi ini, segala hal berubah sangat pesat. Masyarakat dituntut
bekerja cepat dan memanfaatkan waktu dengan baik. Dalam menjalankan
aktivitas perlu adanya transportasi agar mempermudah kegiatan yang akan
dijalankan. Berdasarkan pendataan yang berasal dari pendataan sensus penjualan
kendaraan, kendaraan bermotor merupakan kendaraan yang memiliki penjualan
terbesar dibandingkan dengan kendaraan lain. Kota Tanjung Pinang dikenal
sebagai Ibu Kota di kepulauan Riau yang memiliki luas sebesar 812,7 km².
Tanjung Pinang dikenal sebagai kota yang cukup besar sehingga dalam
menjalankan kegiatan sehari-hari, masyarakat akan lebih praktis dan mudah
apabila memiliki kendaraan sendiri. Terdapat perusahaan yang bernama PT
Malaka Abadi yang ada pada Kota Tanjung Pinang. Perusahaan tersebut berlokasi
pada Jl. D.I Panjaitan Km. 9 Ruko 3-5. Perusahaan bergerak di bidang dealer
kendaraan bermotor merek Yamaha. Yamaha dikenal sebagai merek kendaraan
bermotor yang terkenal di domestik. Keputusan pembelian menjadi salah satu
poin yang perlu diperhatikan. Terdapat faktor yang mempengatuhi keputusan
pembelian yaitu citra merek dan kepercayaan. Pada citra merek perusahaan
dinyatakan brand Yamaha kurang kuat dibandingkan dengan brand lainnya.
Kurangnya kepercayaan yang diberikan konsumen kepada Yamaha dipengaruhi
oleh penciptaan citra merek yang kurang kuat sehingga dinyatakan keputusan
pembelian yang rendah. Populasi yang diambil oleh peneliti adalah seluruh
konsumen yang ada pada PT Malaka Abadi berjumlah 140 konsumen dan teknik
sampel penelitian ini yakni sampel jenuh. Berdasarkan hasil pengujian
menyatakan secara simultan citra merek dan kepercayaan memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.