Abstract :
Industri pariwisata terus akan berkembang sesuai zaman yang tentunya memicu
pelaku industri perhotelan untuk terus mengembangkan kualitas bisnisnya mulai
dari kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan yang diharapkan dapat
membuat konsumen merasa puas dengan jasa yang ditawarkan di hotel tersebut.
Kota Batam memiliki letak yang strategis yaitu di perlintasan pelayaran
internasional sehingga menjadikan Batam termasuk dalam kawasan perdagangan
bebas yang berdampak pada adanya wisatawan baik dari dalam maupun luar
negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari
kualtias pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen Hans Inn Hotel di
Kota Batam. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu pengunjung Hans
Inn Batam sebanyak 5.768. Pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan
accidental sampling dan jumlah sampel sebanyak 258 responden berdasarkan
rumus Isaac and Newtown. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis
regresi linear berganda dengan bantuan alat hitung SPSS versi 25. Hasil dalam
penelitian dapat dilihat melalui uji t, bahwa untuk variabel kualitas pelayanan
(6,150) dan fasilitas (3,620) melebihi t tabel yang berarti berpengaruh secara
signifikan terhadap kepuasan konsumen. Begitu juga dari hasil uji f, untul
variabel terikat yaitu kepuasan konsumen (180,861) melebih f tabel, berarti bahwa
kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersamaan dan simultan berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen pada Hans Inn Batam.