Abstract :
Tantangan terbesar pada bisnis era global ialah membangun serta
mempertahankan pelanggan yang puas hal ini agar pelanggan tidak melirik
ataupun berpindah ke produk atau jasa lain dan kepuasan dapat mengarahkan
pelanggan untuk melakukan pembelian ulang dan bahkan merekomendasikan
produk ini ke sekitarnya. Kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi banyak faktor,
diantaranya ialah harga (salah satu unsurnya adalah diskon) dan kualitas
pelayanan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh diskon dan
kualitas pelayanan, terhadap kepuasan pelanggan pada PT Wellindo Blast Media
di Kota Batam. Riset ini menerapkan analisis deskriptif kuantitatif serta populasi
berasal dari pelanggan tetap PT Wellindo Blast Media di Kota Batam. Penarikan
sampel menggunakan teknik Krejcie & Morgan dengan populasi berjumlah 168
didapatkan sampel sebanyak 118 responden. Untuk mengumpulkan data, peneliti
menerapkan media kuesioner yang disebarkan melalui google forms dan
kemudian diolah dengan aplikasi SPSS Versi 25 untuk membantu mendapatkan
hasil penelitian. Secara parsial, diskon mempengaruhi kepuasan pelanggan secara
signifikan dimana t hitung 2,855 > t tabel 1,980 serta kualitas pelayanan
mempengaruhi kepuasan pelanggan secara signifikan dimana nilai t hitung 4,615
> t tabel 1,980. Dan secara simultan, ditemukan diskon serta kualitas pelayanan
bepengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dikarenakan nilai pada
F hitung 25,621 > F tabel 3,08 serta nilai sig 0,000 > 0,05.