Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Sembiring, Elwin Frandika
Subject
658.81 Manajemen Pemasaran
Datestamp
2024-12-04 04:25:58
Abstract :
Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, yaitu berguna
sebagai tempat tinggal. Pemerintah saat ini telah memberikan bantuan program KPR
subsidi bagi masyarakat yang memiliki penghasilan menengah kebawah untuk
membantu masyarakat memenuhi kebutuhan primernya. Salah satu perusahaan yang
membangun perumahan subsidi yaitu PT Sinar Jaya Putra Kampar yaitu perusahaan
pengembang yang ada di Kota Batam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah KPR
subsidi di PT Sinar Jaya Putra Kampar. Sampel penelitian yang diperoleh
menggunakan teknik sampling jenuh yaitu menggunakan seluruh jumlah populasi
menjadi sampel. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang disebarkan langsung
ke rumah sebanyak 114 responden yaitu konsumen proyek Perumahan Oleana Park.
Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Metode penelitian
yang digunakan menggunakan metode kausalitas kuantitatif. Uji kualitas data yang
digunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji
normalitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Uji pengaruh dengan analisis
linear berganda dan koefisien determinasi. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung variabel harga, promosi dan lokasi
lebih besar dari t tabel dengan signifikasi <0,05. Serta nilai F hitung lebih besar dari F
tabel dan signifikansi <0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial
variabel harga, promosi dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. Secara simultan variabel harga, promosi dan lokasi Bersama?sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.