Abstract :
Suatu usaha ritel pasti memiliki karakteristik khusus seperti misalnya,
transaksi pada penjualannya memiliki rata-rata jumlah yang kecil dan juga para
konsumennya dapat terpikat atau juga tertarik dengan melakukan kegiatan
pembelian yang sama sekali tidak direncanakan mereka. Para pengusaha bisnis
ritel berusaha dalam mempertahankan bisnis mereka dengan berbagai upaya
besar-besaran seperti dengan menggunakan bantuan seperti melakukan promosi
pemotongan harga (Price Discount) dengan aplikasi yang menggunakan E-Money
dan juga menggunakan media sosial (Social Media) dalam hal untuk diketahui
masyarakat kegiatan promosi dari gerai bisnis tertentu. Penelitian ini yaitu
menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner dalam
bentuk google form. Populasi penelitian ini memiliki jumlah 133 responden yang
pernah maupun tidak pernah melakukan pembelian pada Roempi coffee.
Penelitian pada sampel ini dengan teknik convenience sampling dan melakukan
pengujian data dengan alat pengolah data SPSS 25. Hasil penelitian ini memiliki
hasil bahwa media sosial, potongan harga dan uang elektronik memiliki pengaruh
terhadap pembelian impulsif pada Roempi Coffee gerai BCS Mall Kota Batam.